Software

Rekomendasi Software Desain Terbaik Untuk PC

Software desain grafis atau graphics design software adalah program perangkat lunak yang digunakan untuk membuat desain grafis pada komputer.

Software desain grafis adalah program perangkat lunak yang digunakan untuk membuat desain grafis. Desain grafis adalah representasi visual ide dengan simbol, kata, dan gambar pada komputer.

Software desain grafis mengacu pada program atau kumpulan program yang memungkinkan untuk memanipulasi gambar atau model secara visual pada komputer.

Grafik komputer dapat diklasifikasikan menjadi kategori grafik raster dan grafik vektor, dengan varian 2D dan 3D. Ada program grafik yang berfokus pada grafik vektor atau raster saja.

Ada yang bisa beroperasi pada keduanya. Yang perlu diperhatikan, mudah untuk mengubah grafik vektor ke grafik raster, tetapi sulit untuk melakukan sebaliknya.

Saat ini banyak jenis software desain grafis, baik gratis maupun berbayar. Munculnya beragam perangkat lunak desain grafis ini sesuai kebutuhan dan preferensi pengguna yang berbeda. Lalu, apa saja Software Desain Terbaik Untuk PC? Yuk simak di bawah.

1.Corel Draw

Corel Draw

Bagi para desainer, Corel Draw merupakan sebuah software desain grafis penting yang harus dimiliki. Software buatan Corel ini sendiri memiliki kegunaan untuk mengolah gambar berbasis vektor.

Dengan kegunaannya itu, Corel Draw umumnya digunakan untuk menunjang pekerjaan dalam bidang publikasi atau percetakan yang membutuhkan visualisasi, seperti pembuatan poster, logo, banner, dan berbagai desain lainnya.

Meski memiliki segudang fitur atau tool-tool yang cukup banyak, penggunaan Corel Draw tergolong mudah untuk dipahami oleh penggunanya, bahkan bagi pengguna awam sekalipun.

Dengan banyaknya pengguna di berbagai penjuru dunia, kamu tentu bisa mempelajari banyak sekali tutorial Corel Draw yang bisa kamu temukan di situs judi slot indonesia atau di internet.

2.Adobe Photoshop

2.Adobe Photoshop

Sebenarnya Adobe Photoshop lebih kepada sebuah software untuk pengeditan foto atau gambar karena memiliki fitur-fitur khusus seperti efek filter.

Namun tidak sedikit pula software garapan Aobe ini diandalkan untuk kebutuhan desain grafis, misalnya seperti pembuatan banner, stiker, logo, dan masih banyak lagi.

Karena jumlah penggunanya yang tergolong banyak di antara software serupa, kamu bisa mempelajari banyak sekali tutorial penggunaan software desain grafis ini melalui internet atau dengan membeli buku-buku yang menyajikan khusus tutorial Adobe Photoshop untuk pemula hingga profesional.

3.Adobe Illustrator

3.Adobe Illustrator

Serupa dengan Corel Draw, software desain grafis yang masih sesaudara dengan Photoshop ini juga memiliki kemampuan yang handal dalam mengolah gambar berjenis vektor, seperti pembuatan logo perusahaan, desain kaos, kartun, dan masih banyak lagi.

Buat kamu yang sedang mencari aplikasi berbasis vektor terbaik selain Corel Draw, mungkin Adobe Illustrator adalah pilihan yang tepat.

4.Adobe InDesign

4.Adobe InDesign

Adobe InDesignIngin membuat sebuah majalah, brosur, poster, ataupun buku? Nah, Adobe InDesign memiliki kemampuan untuk membantu kita dalam menciptakan hal tersebut.

Seperti yang kita tahu, hampir semua software buatan Adobe memiliki fungsi yang canggih. Begitu juga dengan Adobe InDesign, kamu tentu tidak perlu meragukan lagi fitur-fiturnya.

Dengan fungsinya yang sangat berguna untuk perusahaan dalam pembuatan majalah, koran, dan buku. Maka tidak heran jika software desain grafis terbaik yang satu ini menjadi andalan bagi para perusahaan untuk menciptakan layout media cetak.

Selain itu, tools yang tersedia pada InDesign ini juga tergolong mudah dipelajari dan digunakan untuk para pemula. Terlebih, tutorial penggunaan Adobe InDesign tingkat dasar hingga atas juga bisa kita dapatkan secara cuma-cuma di internet.

5. Inkscape

Inkscape

InkscapeJika dilihat dari segi fungsinya, Inkscape bisa digolongkan seperti Adobe Illustrator, Corel Draw, dan software berbasis olah digital vektor lainnya. Selain mudah digunakan, software yang satu ini juga bersifat Open-Source.

Yang artinya pengguna bisa menggunakan Inkscape secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. Terlebih, software ini juga tergolong ringan karena tidak membutuhkan System requirement yang tinggi.

Dengan kata lain, kita bisa menggunakannya pada komputer lawas yang notabennya memiliki spesifikasi rendah. Nah, kalau kamu sedang mencari software desain grafis yang ringan dan gratis, mungkin Inkscape adalah pilihan yang tepat untukmu.

Nah, itulah berbagai rekomendasi software editing terbaik untuk kalian. Semoga bermanfaat.