Tips

Tips Cara Merekam Video Tampilan Layar di Smartphone Android Kalian

Di komputer PC, Windows memang memiliki Game Bar dan MacOS memiliki alat tangkapan layar untuk kebutuhan ini.

Di perangkat Apple juga ada fasilitas Perekaman Layar. Perekam layar untuk sistem operasi seluler Google ini baru diperkenalkan di Android 11. Beberapa perangkat dari Samsung, LG, dan OnePlus yang menjalankan Android 10 sudah memiliki versi fitur mereka sendiri.

Mereka yang lainnya juga bisa beralih ke aplikasi pihak ketiga. Namun, ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk merekam layar android kalian

1.Perekam Layar Android dan Google Play Game

Perekam Layar Android dan Google Play Game

Proses perekaman layar sebagian besar sama di seluruh perangkat, dengan beberapa penyesuaian saja. Caranya tarik ke bawah bayangan pemberitahuan dari atas layar untuk melihat opsi pengaturan cepat.

Kemudian, ketuk ikon Perekam Layar dan berikan izin ke perangkat untuk merekam layar (pengguna mungkin harus mengedit ikon default yang muncul).

Tentukan suara apa, jika ada, yang ingin direkam. Ketuk Mulai merekam dan hitungan mundur akan dimulai sebelum bilah alat muncul di layar dan perekaman dimulai.

Bilah alat mencakup kemampuan untuk meminimalkan bilah, menggambar di layar, menyalakan kamera depan, menjeda rekaman, atau menghentikan sepenuhnya. Bilah alat dan jendela selfie dapat dipindahkan di sekitar layar sesuai keinginan.

Saat perekaman dihentikan, video akan disimpan ke penyimpanan media ponsel. Untuk pengaturan tambahan, tekan lama pada ikon pengaturan cepat Perekam Layar.

Jika ingin merekam beberapa permainan, Google Play Games adalah opsi gratis yang solid. Meskipun hanya dapat merekam dalam 480p SD atau 720p HD, aplikasi ini memungkinkan merekam game apa pun dan menambahkan rekaman kamera dari lensa depan ponsel.

Caranya, buka aplikasi dan pilih gameā€”ini bisa berupa salah satu game yang disertakan di tab Beranda atau judul yang sebelumnya telah diunduh. Ketuk gambar minigame untuk melihat detailnya, lalu ketuk tombol Rekam di bagian atas. Dari sini,  bisa pilih kualitas video.

Ketuk Luncurkan untuk memulai permainan, dan akan muncul bilah di layar dengan pengaturan perekaman untuk dipilih.

Akan ada tombol yang mengontrol mikrofon, kamera depan, dan perekaman. Pengguna juga dapat menyeret bilah pengaturan video di sekitar layar untuk menemukan lokasi yang sempurna.

Ketuk tombol merah untuk mulai merekam video. Setelah pengatur waktu tiga detik, Google Play Game akan mulai merekam.

Ketuk tombol rekam lagi untuk berhenti, atau seret bilah pengaturan video yang mengambang ke tengah layar di atas X. Setelah video berakhir, pengguna dapat mengeditnya atau mengunggahnya melalui aplikasi YouTube, jika diinginkan.

2.ADV Screen Recorder

ADV Screen Recorder

Perekam Layar ADV adalah opsi pihak ketiga gratis yang memungkinkan penggunanya merekam aktivitas apa pun di layar.

Ketuk ikon plus di aplikasi untuk membuka pilihan tombol, yang memungkinkan mengontrol rekaman dari layar mana pun. Saat terbuka, tidak dapat berinteraksi dengan bagian layar lainnya.

Saat membuka pilihan tombol, akan terlihat kontrol yang memungkinkan untuk mulai merekam, menambahkan tampilan kamera menghadap ke depan, mengakses koleksi video, dan menggambar di layar. Pengguna harus memberikan aplikasi izin yang tepat sebelum semua fitur ini tersedia.

Ketuk tombol rekam untuk memulai video lalu hentikan atau jeda dari tombol yang tersedia. Pengguna dapat mengedit dan membagikan rekaman dari dalam aplikasi.

Dalam pengaturan juga dapat mengubah resolusi (hingga 1080p), bit rate (hingga 15Mbps), dan frame rate (hingga 60fps). Pengguna juga dapat mengubah orientasi video dan pengaturan mikrofon.

Aplikasi ini juga memungkinkan mengontrol overlay dengan mengubah opacity, mengganti ikon default dengan gambar khusus dan menambahkan teks, atau menghilangkannya sepenuhnya.

Penggunanya juga dapat mengizinkan aplikasi untuk menampilkan sentuhan layar saat merekam, meskipun harus mengaktifkan fitur dalam pengaturan telepon terlebih dahulu.

Pilihan tombol aplikasi tetap berada di layar bahkan setelah pengguna menutup aplikasi. Satu-satunya cara untuk menghapus overlay adalah dengan menekan lama pada ikon dan menyeretnya ke X menuju bagian bawah layar.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mereka layar kalian. Semoga bermanfaat.